Batik Tuban

BATIK Tuban merupakan batik yang paling khas di Jawa Timur, Kenapa? karena proses pembatikannya dimulai dari bahan kain yang digunakan untuk membatik dipintal langsung dari kapas. Jadi gulungan kapas dipintal menjadi benang, lalu ditenun, dan setelah jadi selembar kain lalu dibatik. Batik ini kemudian disebut Batik Gedog.

Batik Tuban merupakan salah satu Batik Pesisiran, dimana mempunyai ciri khas yaitu warna yang beragam. Dalam buku Batik Fabled Cloth of Java karangan Inger McCabe Elliot dikatakan,

sebenarnya batik Tuban mirip dengan batik Cirebon pada pertengahan abad ke-19. Kemiripan ini terjadi pada penggunaan benang pintal dan penggunaan warna merah dan biru pada proses pencelupan. Namun, ketika Kota Cirebon mengalami perubahan dramatis dan diikuti dengan perubahan pada batiknya, batik Tuban tetap seperti semula.

Batik Gedog sebenarnya hampir punah, sebab orang sudah tidak suka lagi memintal benang. Tetapi kalau membatik, orang masih senang. Sedangkan kalau memintal benang, sangat jarang orang mau. Paling hanya ibu-ibu tua yang mau karena sudah tidak mampu lagi mengolah sawah atau ladang. Ditambah lagi, menurut berita Detik.com pada tgl 14 Juni 2008 disebabkan harga bahan yang melambung tinggi karena dampak kenaikan harga minyak.

Bagi warga Desa Kedungrejo, Kerek Kabupaten Tuban, pekerjaan yang paling baik sampai saat ini adalah bertani. Sedangkan batik hanya dibuat untuk mengisi waktu luang istilahnya di nomor duakan, jadi pada saat musim tanam, warga memilih menanam terlebih dahulu, dan apabila pada musim panen, warga sibuk dengan acara panen, jadi bagi warga,membatik itu hanya dibuat apabila ada waktu senggang, seperti sambil menunngu musim panen, barulah pengrajin itu membatik. “Jadi bagi warga desa, batik itu tidak penting.”

Namun sekarang batik gedog sudah mulai menggeliat. Itu karena pembatik Tuban mulai menyadari bahwa batiknya unik dan cocok dengan selera masyarakat kelas menengah atas, termasuk turis mancanegara. Itu terbukti Batik Gedog sudah melanglang buana sampai ke luar negeri dan bahkan pengrajin batik dari daerah lain mengambil pewarna dan bahan kainnya dari pengrajin Tuban.

Contoh Batik Gedog:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: